Sumur Serapan atasi Banjir

Jakarta, Kompas - Sumur resapan menjadi salah satu alternatif mengatasi banjir di Jakarta dan sekitarnya. Tetapi, sumur resapan yang menjadi syarat pembangunan perumahan dan perkantoran itu cenderung diabaikan. Pengawasan atas pemenuhan kriteria ini juga lemah.

Demikian pengamatan Kompas di sejumlah perumahan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sejumlah perumahan di kawasan Kalideres, Daan Mogot, Cideng, Roxy, Joglo, Kebayoran Lama, Kemang, Jalan Panjang, dan sekitarnya cenderung mengabaikan urgensi sumur resapan itu. Bangunan di kawasan itu menutup semua areal terbukanya dengan beton atau aspal. Akibatnya, air hujan langsung terjun ke selokan dan saluran kota lainnya.

Eksekutif properti, Subianto Satmaka, Selasa (6/2), mengakui, sumur resapan bukan barang mewah. "Ongkos pembuatannya hanya Rp 4,5 juta," ujarnya.

Menurut dia, sumur resapan umumnya dibuat berkedalaman enam meter agar mencapai daerah serap tinggi. Lebar sumur resapan cukup 1,2 meter. Lubang ini kemudian diisi dengan ijuk, pasir, kerikil, dan batu karang. Sumur resapan tidak mengganggu struktur bangunan.

Usman Effendy, pengembang megaproyek Spring Hill Kemayoran, menyatakan meraih manfaat besar dari membangun banyak sumur resapan. Respons publik, yang peduli lingkungan, juga besar. Dengan membangun sumur resapan, risiko banjir dan intrusi air laut berkurang. (as)
Dunia Pompa :

Dunia Pompa Air Bersih Sumur Bor Artesis Atasi Bau Kering Kuning Tercemar dan Keruh

0 comments:

Post a Comment

Jasa Pembuatan Sumur Bor Artesis

Jasa Kontraktor Proyek Pembuatan Sumur Bor Artesis Air Tanah Perumahan, Hotel maupun Industri

Didukung Ahli dan Tukang Berpengalaman Kami Menawarkan Jasa pembuatan sumur bor Artesis untuk beragam keperluan baik perumahan, Hotel dan Industri.Pengeboran Dilakukan dengan Mesin Bor Khusus yang relatif lebih cepat dan memiliki kemampuan yang cukup untuk memperoleh kedalaman sesuai dengan sumber air yang ada. 30 -200 meter.

Hubungi

Tel/Fax :021-73888872, 021-7372864,021-70692409

Mengatasi Masalah Air Bau, Keruh, Kuning, Tercemar Logam dll, GARANSI.

Air Bersih, Kini Tidak Masalah Lagi

Jasa Kontraktor Proyek Pembuatan Sumur Bor Artesis Air Tanah Perumahan, Hotel maupun Industri Didukung Ahli dan Tukang Berpengalaman Kami Menawarkan Jasa pembuatan sumur bor Artesis untuk beragam keperluan baik perumahan, Hotel dan Industri.Pengeboran Dilakukan dengan Mesin Bor Khusus yang relatif lebih cepat dan memiliki kemampuan yang cukup untuk memperoleh kedalaman sesuai dengan sumber air yang ada. 30 -200 meter.

Hubungi

Tel/Fax :021-73888872, 021-7372864,021-70692409

Mengatasi Masalah Air Bau, Keruh, Kuning, Tercemar Logam dll, GARANSI.

Air Bersih, Kini Tidak Masalah Lagi